Posted by : Unknown Sabtu, 14 Maret 2015



Peran Komunikasi Dalam Organisasi



·         Latar Belakang Komunikasi

Manusia di dalam kehidupannya harus berkomunikasi, artinya memerlukan orang lain dan membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi. Hal ini merupakan suatu hakekat bahwa sebagian besar pribadi manusia terbentuk dari hasil integrasi sosial dengan sesama dalam kelompok dan masyarakat. Di dalam kelompok ataupun organisasi, selalu terdapat bentuk kepemimpinan yang merupakan masalah penting untuk kelangsungan hidup kelompok, yang terdiri dari atasan dan bawahannya.
Di antara kedua belah pihak harus ada komunikasi timbal balik, untuk itu diperlukan adanya kerja sama yang diharapkan untuk mencapai cita-cita, baik cita-cita pribadi, maupun kelompok, untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Kerjasama tersebut terdiri dari berbagai maksud yang meliputi hubungan sosial maupunkebudayaan. Hubungan yang terjadi merupakan suatu proses adanya suatu keinginan masing-masing individu, untuk memperoleh suatu hasil yang nyata dan dapat memberikan manfaat untuk kehidupan yang berkelanjutan.

·         Pengertian Komunikasi

Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. ( Wikipedia )

·         Pengertian Komunikasi menurut pendapat para ahli.

Berikut adalah beberapa definisi Komunikasi dari berbagai ahli :
  1. Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerimaan atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka (Everett M. Rogers).
  2. Komunikasi merupakan suatu interaksi dimana terdapat dua orang atau lebih yang sedang membangun atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang pada akhirnya akan tiba dimana mereka saling memahami dan mengerti (Rogers & O. Lawrence Kincaid).
  3. Setiap bentuk komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi, yang terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber untuk penerima (Theodore M. Newcomb).
  4. Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih. (Lasswell, 1960)
  5. Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain (Hovland, Janis & Kelley:1953)


Komunikasi dalam suatu organisasi selalu merupakan komunikasi timbal balik, demi kepentingan semua pihak.

Jadi, komunikasi organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan. Komunikasi organisasi melibatkan bentuk-bentuk komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok.

Dalam berkomunikasi kita menciptakan persamaan pengertian, ide, pemikiran, dan sikap tingkah laku kita terhadap orang lain. Jadi komu-nikator dan komunikan mempunyai kesamaan dan kesepakatan pesan sehingga menimbulkan suatu pengertian.


·         Peran Komunikasi dalam organisasi
  1.  komunikasi dalam perusahaan sebagai titik sentral
  2. Dalam setiap proses komunikasi, hubungan kemanusiaan merupakan proses yang menyangkut kepribadian, sikap dan tingkah laku yang terjadi pada orang-orang yang terlibat
  3. Organisasi melaksanakan komunikasi persuasif dua arah disemua bidang kegiatan dengan maksud memberikan motivasi kerja, bertanggung jawab dan produktif
  4. Atas dasar pengertian tersebut terlihat bahwa komunikasi timbal balik dalam suatu organisasi merupakan proses integrasi antar manusia yang brersifat manusiawi yang menuju perasaan lahir batin. ( Aris Febri Rahmanto, 2004 )


·         Jenis Komunikasi

Ada beberapa bentuk komunikasi yang perlu diketahui untuk mendukung kegiatan organisasi, yaitu:
  1. Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang berlangsung pada diri sendiri
  2. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang berlangsung pada orang lain atau bisa disebut juga dengan komunikasi kelom-pok
  3. Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung  dengan kelompok orang yang jumlahnya lebih dari dua orang
  4.  Komunikasi massa adalah komunikasi yang dilakukan melalui media massa (Aris Febri Rahmanto, 2004)


·         Proses Komunikasi

 “Proses adalah rangkaian tindakan perbuatan atau pengolahan yang menghasilkan produk”.( Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1990:703 )  Dan Menurut Kincaid dan Schramm  ( Sutaryo ,2006:48), “Proses adalah suatu perubahan atau rangkaian tindakan serta peristiwa selama beberapa waktu dan yang menuju hasil tertentu”. Dengan demikian dapat dipahami bahwa proses komunikasi pada dasarnya merupakan rangkaian tindakan berlangsungnya aktivitas komunikasi mulai dari pengiriman hingga penerimaan pesan dan umpan balik (respons).

    Dalam berkomunikasi kita menciptakan persamaan pengertian, ide, pemikiran, dan sikap tingkah laku kita terhadap orang lain. Jadi komu-nikator dan komunikan mempunyai kesamaan dan kesepakatan pesan sehingga menimbulkan suatu pengertian. Dalam proses komunikasi melibatkan beberapa komponen yaitu:

  1.      Komunikator (sumber)
  2.      Pesan
  3.      Saluran
  4.      Komunikan (organisasi/publik)
  5.      Efek

Menurut K. Anderson, 1978, beberapa faktor yang yang perlu diperhatikan di dalam proses komunikasi adalah sebagai berikut :


  •       Faktor sumber dan penerima pesan :
  1. Pengetahuan, gagasan, pikiran dan pengalaman
  2. Sikap, keyakinan dan tujuan
  3. Kebutuhan, keinginan dan nilai-nilai
  4. Kepentingan
  5. Keanggotaan dan peranan dalam kelompok
  6. Kecakapan berkomunikasi
  7. Persepsi terhadap unsur-unsur lain

  •       Faktor saluran :
  1. Karakteristik saluran atau media yang digunakan
  2. Seberapa besar jumlah publiknya 

  • Faktor pesan :
  1. gagasan dan isi pesan
  2. Susunan pesan
  3. Bahasa dan gaya
  4. Cara penyampaian: lisan, tertulis, dan lain-lain

·         Komunikasi efektif

Komunikasi dikatakan efektif bila orag berhasil menyampaikan apa yang dimaksudkannya. Ini hanya salah satu ukuran bagi efektivitas komunikasi. Secara umum, komunikasi dinilai ekeftif bila rangsangan yang disampaikan dan yang dimaksudkan oleh pengirim atau sumber, berkaitan erat dengan rangsangan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. ( Dr. Deddy Mulyana, MA. )

Bila S adalah pengirim atau sumber pesan dan R penerima psan, maka komunikasi disebut mulus dan lengkap bila renspons yang diinginkan S dan respons yang diberikan R identic (Goyer, 1970, hlm. 10).

Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif adalah antara lain :
1.      Menciptakan suasana yang menguntungkan.
2.      menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
3.      pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
4.      Pesan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
5.      Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihak komunikan.

·         Implikasi Manajerial

Implikasi manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada. apa implikasi manajerial yang muncul dari organisasi tanpa pembatas (borderless Tipe organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus halangan geografis artitisial.

Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif. Implikasi yang dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara tersebut. Jadi struktur organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana perusahaan iitu berada.( Heriyanto )



Daftar Pustaka

  • Rahmanto, Aris Febri. 2004. Peranan Komunikasi Dalam Suatu Organisasi. Jurnal Komunikologi Vol. 1 No. 2, September 2004. 5 Maret 2015, 17.32 WIB. ( Jurnal )
  • Romli, Khansahrial.2011.Komunikasi Organisasi Lengkap.Jakarta:PT Grasindu.( Buku )
  • Tubbs, Stewart L & Sylvia Moss. 2000. Human Communication( Prinsip Prinsip dasar). Bandung : PT Remaja Rosdakarya. ( Buku )
  • Dwiantara, Lukas & Suharsono. 2013.Komunikasi Bisnis (Peran Komunikasi Interpersonal dalam aktivitas bisnis).Yogyakarta : CAPS (Center of Academic Publishing Service). (Buku)
  • Kenes. 2013.Pengertian dan Arti Penting Komunikasi.https://duniatugasasri.wordpress.com/2013/06/11/pengertian-dan-arti-penting-komunikasi/ . Diakses : 5 Maret 2015, 20.42 WIB.
  • Risdy,Rusti.2013.Implikasi Manajerial.http://rustyrisdy.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajerial-komunikasi.html. Diakses : 7 Maret 2015, 19.20 WIB.
  •  Parnando, Edo.Komunikasi Efektif.https://edoparnando27.wordpress.com/komunikasi-efetif/. Diakses : 8 Maret 2015, 12.25 WIB.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Counter

Flag Counter

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 Decisions Matter -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -