Posted by : Unknown
Sabtu, 14 Maret 2015
Peran Komunikasi Dalam Organisasi
·
Latar Belakang Komunikasi
Manusia di dalam
kehidupannya harus berkomunikasi, artinya memerlukan orang lain dan membutuhkan
kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi. Hal ini merupakan suatu
hakekat bahwa sebagian besar pribadi manusia terbentuk dari hasil integrasi
sosial dengan sesama dalam kelompok dan masyarakat. Di dalam kelompok ataupun
organisasi, selalu terdapat bentuk kepemimpinan yang merupakan masalah penting
untuk kelangsungan hidup kelompok, yang terdiri dari atasan dan bawahannya.
Di antara kedua
belah pihak harus ada komunikasi timbal balik, untuk itu diperlukan adanya
kerja sama yang diharapkan untuk mencapai cita-cita, baik cita-cita pribadi,
maupun kelompok, untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Kerjasama tersebut
terdiri dari berbagai maksud yang meliputi hubungan sosial maupunkebudayaan.
Hubungan yang terjadi merupakan suatu proses adanya suatu keinginan masing-masing
individu, untuk memperoleh suatu hasil yang nyata dan dapat memberikan manfaat
untuk kehidupan yang berkelanjutan.
·
Pengertian Komunikasi
Kata atau istilah
komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau menurut
asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber
pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau
‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk
kebersamaan atau kesamaan makna. ( Wikipedia
)
·
Pengertian Komunikasi
menurut pendapat para ahli.
Berikut adalah beberapa
definisi Komunikasi dari berbagai ahli :
- Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerimaan atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka (Everett M. Rogers).
- Komunikasi merupakan suatu interaksi dimana terdapat dua orang atau lebih yang sedang membangun atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang pada akhirnya akan tiba dimana mereka saling memahami dan mengerti (Rogers & O. Lawrence Kincaid).
- Setiap bentuk komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi, yang terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber untuk penerima (Theodore M. Newcomb).
- Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih. (Lasswell, 1960)
- Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain (Hovland, Janis & Kelley:1953)
Komunikasi
dalam suatu organisasi selalu merupakan komunikasi timbal balik, demi
kepentingan semua pihak.
Jadi,
komunikasi organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukan dan penafsiran pesan
di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu.
Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis
antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.
Komunikasi organisasi melibatkan bentuk-bentuk komunikasi antarpribadi dan
komunikasi kelompok.
Dalam
berkomunikasi kita menciptakan persamaan pengertian, ide, pemikiran, dan sikap
tingkah laku kita terhadap orang lain. Jadi komu-nikator dan komunikan
mempunyai kesamaan dan kesepakatan pesan sehingga menimbulkan suatu pengertian.
·
Peran Komunikasi dalam organisasi
- komunikasi dalam perusahaan sebagai titik sentral
- Dalam setiap proses komunikasi, hubungan kemanusiaan merupakan proses yang menyangkut kepribadian, sikap dan tingkah laku yang terjadi pada orang-orang yang terlibat
- Organisasi melaksanakan komunikasi persuasif dua arah disemua bidang kegiatan dengan maksud memberikan motivasi kerja, bertanggung jawab dan produktif
- Atas dasar pengertian tersebut terlihat bahwa komunikasi timbal balik dalam suatu organisasi merupakan proses integrasi antar manusia yang brersifat manusiawi yang menuju perasaan lahir batin. ( Aris Febri Rahmanto, 2004 )
·
Jenis Komunikasi
Ada beberapa bentuk komunikasi
yang perlu diketahui untuk mendukung kegiatan organisasi, yaitu:
- Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang berlangsung pada diri sendiri
- Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang berlangsung pada orang lain atau bisa disebut juga dengan komunikasi kelom-pok
- Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung dengan kelompok orang yang jumlahnya lebih dari dua orang
- Komunikasi massa adalah komunikasi yang dilakukan melalui media massa (Aris Febri Rahmanto, 2004)
·
Proses
Komunikasi
“Proses adalah rangkaian tindakan perbuatan
atau pengolahan yang menghasilkan produk”.( Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1990:703 ) Dan Menurut Kincaid dan Schramm ( Sutaryo
,2006:48), “Proses adalah suatu perubahan atau rangkaian tindakan serta
peristiwa selama beberapa waktu dan yang menuju hasil tertentu”. Dengan
demikian dapat dipahami bahwa proses komunikasi pada dasarnya merupakan rangkaian
tindakan berlangsungnya aktivitas komunikasi mulai dari pengiriman hingga
penerimaan pesan dan umpan balik (respons).
Dalam
berkomunikasi kita menciptakan persamaan pengertian, ide, pemikiran, dan sikap
tingkah laku kita terhadap orang lain. Jadi komu-nikator dan komunikan
mempunyai kesamaan dan kesepakatan pesan sehingga menimbulkan suatu pengertian.
Dalam proses komunikasi melibatkan beberapa komponen yaitu:
- Komunikator (sumber)
- Pesan
- Saluran
- Komunikan (organisasi/publik)
- Efek
Menurut K. Anderson, 1978, beberapa faktor yang yang perlu diperhatikan di dalam proses
komunikasi adalah sebagai berikut :
- Faktor sumber dan penerima pesan :
- Pengetahuan, gagasan, pikiran dan pengalaman
- Sikap, keyakinan dan tujuan
- Kebutuhan, keinginan dan nilai-nilai
- Kepentingan
- Keanggotaan dan peranan dalam kelompok
- Kecakapan berkomunikasi
- Persepsi terhadap unsur-unsur lain
- Faktor saluran :
- Karakteristik saluran atau media yang digunakan
- Seberapa besar jumlah publiknya
- Faktor pesan :
- gagasan dan isi pesan
- Susunan pesan
- Bahasa dan gaya
- Cara penyampaian: lisan, tertulis, dan lain-lain
·
Komunikasi efektif
Komunikasi
dikatakan efektif bila orag berhasil menyampaikan apa yang dimaksudkannya. Ini
hanya salah satu ukuran bagi efektivitas komunikasi. Secara umum, komunikasi
dinilai ekeftif bila rangsangan yang disampaikan dan yang dimaksudkan oleh
pengirim atau sumber, berkaitan erat dengan rangsangan yang ditangkap dan
dipahami oleh penerima. ( Dr. Deddy Mulyana, MA. )
Bila
S adalah pengirim atau sumber pesan dan R penerima psan, maka komunikasi
disebut mulus dan lengkap bila renspons yang diinginkan S dan respons yang
diberikan R identic (Goyer, 1970, hlm.
10).
Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif
adalah antara lain :
1.
Menciptakan suasana yang menguntungkan.
2.
menggunakan bahasa yang mudah ditangkap
dan dimengerti.
3.
pesan yang disampaikan dapat menggugah
perhatian atau minat di pihak komunikan.
4.
Pesan dapat menggugah kepentingan
dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
5.
Pesan dapat menumbuhkan sesuatu
penghargaan atau reward di pihak komunikan.
·
Implikasi Manajerial
Implikasi
manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan
kapasitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada. apa
implikasi manajerial yang muncul dari organisasi tanpa pembatas (borderless
Tipe organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi
atau menghapus halangan geografis artitisial.
Para
manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan
efektivitas di pasar global yang kompetitif. Implikasi yang dirasakan oleh para
pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi
di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan
manusia yang ada pada negara tersebut. Jadi struktur organisasi manajerial
tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun harus mencakup
seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana perusahaan iitu
berada.( Heriyanto )
Daftar Pustaka
- Rahmanto, Aris Febri. 2004. Peranan Komunikasi Dalam Suatu Organisasi. Jurnal Komunikologi Vol. 1 No. 2, September 2004. 5 Maret 2015, 17.32 WIB. ( Jurnal )
- Romli, Khansahrial.2011.Komunikasi Organisasi Lengkap.Jakarta:PT Grasindu.( Buku )
- Tubbs, Stewart L & Sylvia Moss. 2000. Human Communication( Prinsip Prinsip dasar). Bandung : PT Remaja Rosdakarya. ( Buku )
- Dwiantara, Lukas & Suharsono. 2013.Komunikasi Bisnis (Peran Komunikasi Interpersonal dalam aktivitas bisnis).Yogyakarta : CAPS (Center of Academic Publishing Service). (Buku)
- Kenes. 2013.Pengertian dan Arti Penting Komunikasi.https://duniatugasasri.wordpress.com/2013/06/11/pengertian-dan-arti-penting-komunikasi/ . Diakses : 5 Maret 2015, 20.42 WIB.
- Risdy,Rusti.2013.Implikasi Manajerial.http://rustyrisdy.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajerial-komunikasi.html. Diakses : 7 Maret 2015, 19.20 WIB.
- Parnando, Edo.Komunikasi Efektif.https://edoparnando27.wordpress.com/komunikasi-efetif/. Diakses : 8 Maret 2015, 12.25 WIB.